Tahap Kontekstualisasi P5PPRA MA Arifah Gowa di Bali.
Maarifah, Bali. Dua kelompok siswa pada kelas X.5 MA Arifah Gowa, melaksanakan kontekstualisasi p5ppra nya di Pulau Bali. Demikian disampaikan oleh kepala bagian Humas MA Arifah Amaliah. Lebih lanjut Amel menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan proyek kurikulum merdeka di MA Arifah menggunakan pendekatan Okar, dimana dalam pelaksanaannya Okar terdiri dari 4 tahap yaitu tahap Orientasi, Kontekstualisasi, Aksi dan Refleksi.
Nur Amaliah yang juga adalah pengampu mapel PKN pada MA Arifah menjelaskan bahwa untuk semester ganjil TP 2023/2024 memilih dua tema P5PPRA yaitu tema Kewirausahaan untuk kelas XI dan tema kearifan lokal untuk siswa kelas X. Untuk kelompok siswa yang ke Bali mereka masing-masing memilih subtema Moderasi beragama di Pulau Bali dan subtema Sosial budaya masyarakat Bali.
Menurut kepala bagian kurikulum Amriadi, di Bali siswa akan mengumpulkan bahan terkait proyek yang dilaksanakannya, mereka mengunjungi pura, Madrasah, pasar, kampus dan beberapa tempat lainnya untuk melakukan wawancara dan pengamatan lainnya.
Selain itu, karena Bali merupakan daerah wisata, tak lupa siswa juga mengunjungi pusat pusat wisata seperti tanah lot, GWK, Ulan Danu, pantai Melasti dan beberapa tempat wisata lainnya.
Secara keseluruhan, siswa berada di pulau Dewata Bali selama empat hari, rombongan siswa ini didampingi langsung oleh Husniati sebagai fasilitator proyek yang juga adalah wali kelasnya.